Daily

Hilang Kartu ATM BCA dan Proses Penggantian Kartu

November 14, 2008

Hari kamis tanggal 6 November kartu ATM BCA saya hilang, di lokasi ATM BCA Braga City Walk Bandung. Karena kebiasaan kalau ngambil uang itu pake cara cepat (tanpa menulis jumlah uang yang ingin diambil) yang biasanya kartu akan lebih dulu keluar baru uang yang akan keluar. Pada hari itu saya mengambil uang dengan mengetikan jumlah uang, karena kebiasaan, setelah uang keluar langsung menginggalkan ATM, padahal kartu masih ada didalam. Hari itu juga saya lakukan pemblokiran melalui halo BCA 69888, karena khawatir ada orang yang mengambil uang saya, dan segera melapor ke pos polisi terdekat untuk mendapatkan surat kehilangan.

Saya kira setelah melakukan pemblokiran, hanya ATM saja yang diblokir, taunya Internet Banking dan Mobile Banking pun kena blokir. CS haloBCA nya bilang kalau pemblokiran hanya berlaku 2 hari, tapi sampai 3-4 hari klikBCA tidak bisa dipergunakan. Sial banget, mana semua transaksi kirim dan terima uang dilakukan melalui rekening BCA, withdraw Paypal, Moneybooker, terima fee dari klien lokal, bayar tagihan dan kartu kredit, tagihan selular (Matrix, Kartu Halo, Xplor), Bayar Internet CBN, sampai bayar pinjaman ke bank. Rasanya tidak terbayang kalau harus mendatangi satu-satu untuk membayar tagihan, habisnya sudah keenakan pakai internet banking :).

CS di haloBCA bilang, kalau untuk penggantian kartu hilang, harus dilakukan di BCA Cabang asal ketika kita membuka rekening, artinya, saya harus ke Tasikmalaya, karena dulu bikin rekening di BCA cabang Tasikmalaya, nggak canggih gitu ya solusinya? :) jaman online gini, masih repot…. untung dulu bikin rekening BCA nya di Tasik, gimana kl bikin rekening tabungannya di Papua ?

Akhirnya, kemarin, tepat 1 minggu setelah kehilangan kartu, saya ke BCA KCU Tasikmalaya, lengkap membawa syarat-syarat penggantian kartu seperti KTP, Surat Kehilangan Kepolisian, dan Buku Tabungan. Customer service bernama Dessy pun menyambut dengan senyuman manis. Setelah saya utarakan tentang permasalahan kehilangan, ia membantu saya dengan ramah, dan Dessy bilang, untuk penggantian kartu untuk sekarang bisa BCA cabang manapun, tak perlu ke BCA tempat membuka rekening, sial ! kenapa CS di haloBCA bilang harus ke Cabang BCA Asal? Ah ngerjain aja nih… Dessy menawarkan pilihan, mau penggantian Instan (tanpa nama tercetak di ATM) atau dengan nama (harus menunggu 10 hari). Tentu saja saya pilih yang Instan.

Tidak sampai 20 Menit, kartu ATM pengganti sudah ada di tangan saya, akses Internet Banking dan Mobile Banking, keesokan harinya langsung bisa dipergunakan. Dan langsung dipakai bayar2 tagihan yang akan jatuh tempo.

Ringkasan:
Kalau kartu ATM BCA hilang, segera blokir dengan menelepon ke 69888. Segera lapor ke kantor polisi terdekat untuk mendapat surat kehilangan, dan langsung ke BCA terdekat untuk mendapat penggantian kartu.

Ah… liburan lagi di tasik nih…

You Might Also Like

21 Comments

  • Reply Yogi November 15, 2008 at 5:47

    Ciee, ketemu Dessy nich yee… :p
    *komen ga nyambung*

    Turut berduka mate, semoga kejadiannya ga terulang lg.

  • Reply Iman November 22, 2008 at 12:08

    hahaha… mungkin orang halo bca tau pung, kalo kamu jarang pulang :-D

  • Reply suwito November 23, 2008 at 13:28

    mungkin CS haloBCA ngga tau ada informasi baru dari atasannya. hehehehe

  • Reply aku yang sok gaya :D December 12, 2008 at 2:22

    wah, pernah kejadian tuh,persis banget, ngambil duit, langsung cabs,… gara-gara mo gaya ama cewe sebelah d bca dago
    (belajar, belajar..:D)

    nah, baru sadar pas mo bayar belanjaan d toko, baru sadar atm ketinggalan :D, stlah tanya k BCA cabang n pusat, katany proses bisa sebulan nunggu orang buka mesin atm,omfg! (sembari sepertinya yg nerima telepon bingung:D)

    ya, ujung2nya, dari kopo waktu itu, langsung lari lagi k dago,…
    untungnya satpam nyimpen kartu saya :)

  • Reply Gondewa December 15, 2008 at 11:15

    Kalo gua lain lagi Biasanya yg ketinggalan ya duitnya. Krn was-was takut atm tertinggal, stlah pijit nominal, kartu keluar langsung cabut.

  • Reply nengbiker December 20, 2008 at 12:51

    i did that too. ketinggalan kartu atm, tapi sekarang sistem transaksi di bca sudah aman, karena harus masukin pin setiap transaksi.

    *kelupaan ngblokir lwt halo bca, hehehe*

  • Reply Nugelobuduk February 25, 2009 at 11:10

    Sama Persis Kejadiannya, Pas Ambil Duit langsung cabs..Keenakan yang serba instan sampe-sampe atm pun ketinggalan.

    Gajian turun, pas mau ambil coba pake buku tahapan ( serasa jaman purba ) eh ternyata harus bawa ATM nya ( “justru atm nya ilang “)untung teller nya cantik..

    Yah ngurusin surat kehilangan ke kepolisian terdekat

  • Reply widy September 15, 2009 at 12:35

    Klo aq lg dag dig dug nunggu 2 hari masa pemblokiran,awalnya begini habis kecopetan karena panik aku lgsg nlpn Hallo BCA,harusnya transfer dl uang ke rek. BCA suami via M banking spy uang ttp bisa diambil via ATM suami..eh dasar panik yah jd smua keblokir dah..semoga 2 hari kedepan bebas blokir lancar spy bisa narik uang..mana mau Lebaran lg..

  • Reply Ferdy July 29, 2010 at 12:58

    knp siy skr ga bs bkin atau buka rekening d cabang laen?

  • Reply Yudha December 8, 2010 at 6:30

    wah thx sharing pengalamannya kawan ^o^

  • Reply adie February 27, 2011 at 11:21

    kalo g ada ktp nya ,bisa bwt atm yg bru ga???cz ktpnya jg ilang ni

    • Reply PupungBP February 28, 2011 at 6:22

      Pake SIM atau kartu keluarga boleh dicoba…

  • Reply mimi August 7, 2011 at 8:56

    ogh y law bikin surat pernyataan kehilangan tu kena biaya brp?

  • Reply Baju Bali November 2, 2011 at 17:58

    Wah kebetulan , tadi siang dompet dan ke empat atm hilang.. salah satunya atm ABC , cari tau tentang cara ngurusnya ketemu website agan…makasih gan.

  • Reply sugeng June 3, 2012 at 21:16

    wah,,kalau ane belum pernah ketinggalan kartu di atm, jangan sampai, tapi kenapa ya m bangki bank bri , pasword nya kena blokir,,,

  • Reply maituo December 9, 2012 at 19:56

    barusan ngalamin kaya gini, atm entah ilang , jatoh ato ketinggalan , lsg cek ke klikbca nominal duit masi utuh. Malem nya lsg ke polsek terdekat bikin surat kehilangan (dulu pas atm M*andir* ilang bikin surat berita kehilangan nya bayar) untung nya skrg ngga bayar :)

  • Reply thony April 5, 2013 at 8:29

    saya juga pernah alami dengan ATM BCA, menurut saya masih merepotkan klo ATM ketelen mesin saja harus lapor dan minta keterangan hilang di kantor polisi……hemmm…!!!

    pengalam saya untuk ATM mandiri lebih mudah prosedur nya tinggal bawa buku, KTP, lalu ditanya tentang data pribadi…. 15 menit beres

  • Reply william September 29, 2013 at 22:00

    Saya kehilangan atm saya.. Saya panik.. Bngung.. Dengan menelepon halo bca.. Saya langsung mnta pemblokiran.. Tapi pemblokiran atm harus pkai rek.. Pertama buat rek bca dijakarta.. Lalu segera membuat surat kehilangan atm bca ke kantor polisi.

  • Reply kirin November 11, 2013 at 10:12

    Kalo sy karena buru2 setelah ambil uang dan kartu atm nya langsung cap cuss eh malah lupa terus mesin atm nya ngak dbawa

  • Reply edmund March 4, 2014 at 17:35

    Kalau atm di blokir pelaku yang mengambil kartu atm dapat tertangkap nggak ya

  • Reply ANNA GALLERY March 27, 2014 at 19:57

    Thx infonya ya…

  • Leave a Reply