Hari kamis tanggal 6 November kartu ATM BCA saya hilang, di lokasi ATM BCA Braga City Walk Bandung. Karena kebiasaan kalau ngambil uang itu pake cara cepat (tanpa menulis jumlah uang yang ingin diambil) yang biasanya kartu akan lebih dulu keluar baru uang yang akan keluar. Pada hari itu saya mengambil uang dengan mengetikan jumlah uang, karena kebiasaan, setelah uang keluar langsung menginggalkan ATM, padahal kartu masih ada didalam. Hari itu juga saya lakukan pemblokiran melalui halo BCA 69888, karena khawatir ada orang yang mengambil uang saya, dan segera melapor ke pos polisi terdekat untuk mendapatkan surat kehilangan.

Saya kira setelah melakukan pemblokiran, hanya ATM saja yang diblokir, taunya Internet Banking dan Mobile Banking pun kena blokir. CS haloBCA nya bilang kalau pemblokiran hanya berlaku 2 hari, tapi sampai 3-4 hari klikBCA tidak bisa dipergunakan. Sial banget, mana semua transaksi kirim dan terima uang dilakukan melalui rekening BCA, withdraw Paypal, Moneybooker, terima fee dari klien lokal, bayar tagihan dan kartu kredit, tagihan selular (Matrix, Kartu Halo, Xplor), Bayar Internet CBN, sampai bayar pinjaman ke bank. Rasanya tidak terbayang kalau harus mendatangi satu-satu untuk membayar tagihan, habisnya sudah keenakan pakai internet banking :).

CS di haloBCA bilang, kalau untuk penggantian kartu hilang, harus dilakukan di BCA Cabang asal ketika kita membuka rekening, artinya, saya harus ke Tasikmalaya, karena dulu bikin rekening di BCA cabang Tasikmalaya, nggak canggih gitu ya solusinya? :) jaman online gini, masih repot…. untung dulu bikin rekening BCA nya di Tasik, gimana kl bikin rekening tabungannya di Papua ?

Akhirnya, kemarin, tepat 1 minggu setelah kehilangan kartu, saya ke BCA KCU Tasikmalaya, lengkap membawa syarat-syarat penggantian kartu seperti KTP, Surat Kehilangan Kepolisian, dan Buku Tabungan. Customer service bernama Dessy pun menyambut dengan senyuman manis. Setelah saya utarakan tentang permasalahan kehilangan, ia membantu saya dengan ramah, dan Dessy bilang, untuk penggantian kartu untuk sekarang bisa BCA cabang manapun, tak perlu ke BCA tempat membuka rekening, sial ! kenapa CS di haloBCA bilang harus ke Cabang BCA Asal? Ah ngerjain aja nih… Dessy menawarkan pilihan, mau penggantian Instan (tanpa nama tercetak di ATM) atau dengan nama (harus menunggu 10 hari). Tentu saja saya pilih yang Instan.

Tidak sampai 20 Menit, kartu ATM pengganti sudah ada di tangan saya, akses Internet Banking dan Mobile Banking, keesokan harinya langsung bisa dipergunakan. Dan langsung dipakai bayar2 tagihan yang akan jatuh tempo.

Ringkasan:
Kalau kartu ATM BCA hilang, segera blokir dengan menelepon ke 69888. Segera lapor ke kantor polisi terdekat untuk mendapat surat kehilangan, dan langsung ke BCA terdekat untuk mendapat penggantian kartu.

Ah… liburan lagi di tasik nih…