Mesin Waktu Bukan Khayalan



Suatu saat seorang pemuda di belahan bumi eropa melakukan pendakian ke bukit terdekat dari kota kecil dimana ia tinggal, yang ada dipikiranya hanya satu, ingin melihat kota tempat ia dilahirkan dari tempat yang lebih tinggi agar dapat melihat seberapa luas kota yang ia tinggali. Dengan susah payah pemuda itu akhirnya berhasil mendaki bukit dan menemukan sebuah dataran kecil dimana terdapat sebuah batu besar.

Sambil mengatur nafas ia mencoba menaiki batu besar itu dan duduk diatasnya, “Ah… inikah kota ku itu?” Ucapnya sambil menarik nafas panjang kemudian mengeluarkannya dengan segera… Namun apa yang ia lihat tidak akan pernah seorang pun mempercayainya, selang beberapa detik tiba-tiba pemandangan kota yang sedang ia lihat itu berubah, menjadi pemandangan pada jaman yang tidak ia ketahui. Kota modern yang ia lihat berubah menjadi pemandangan sebuah kerajaan, lengkap dengan benteng, bendera, sampai pasukan berkuda yang ia lihat berkeliaran disekitar benteng itu…

Beberapa detik ia tak sanggup menggerakan badannya, dan terbengong-bengong dengan apa yang ia lihat… Namun beberapa detik kemudian pemandangan berubah kembali menjadi kota kecil yang ia tinggali.

Di tempat lain, seorang Ibu yang sedang menyaksikan pemandangan aktifitas orang yang sedang hilir mudik di jalan melalui jendela rumahnya, terkaget ketika pemandanganya berubah menjadi jaman ketika Nazi berkuasa, pasukan Nazi yang sedang melakukan baris-berbaris, hingga peralatan perang ia lihat melalui jendela kecilnya.

Cerita diatas adalah salah satu fenomena alam yang membuat kita dapat melihat kembali kejadian pada masa lalu… (diceritakan kembali dari majalah Intisari, tapi saya lupa edisi tepatnya)

Berbincang dengan sahabat saya sewaktu di Panti, Muhammad Imansyah, setidaknya membuka mata saya akan beberapa artikel yang pernah saya baca mengenai Mesin Waktu. Beberapa teori tentang mesin waktu ini pernah dikemukakan oleh para ahli fisika, yang telah terlebih dahulu dengan dibuka oleh Albert Einstein melalui teori relativitas umum yang menjadi fenomena hingga sekarang.

Kemungkinan bahwa kita dapat berjalan-jalan ke masa lalu banyak ditegaskan oleh beberapa ilmuwan seperti Daniel Greenberger dari City University of New York dan Karl Svozil dari Vienna University of Technology dari Austria. Namun menurut pendapat mereka, kita tidak dapat mengubah sejarah yang telah digariskan. Contohnya, bila kita telah berjalan ke masa lalu dan menemui orang tua kita, mustahil kita dapat menggagalkan kelahiran kita, dan dapat mengubah sejarah bahwa kita telah dilahirkan. Silakan baca mengenai teori ini pada halaman berikut: Mesin Waktu, Wormholes and Time Travel, Teori-teori Fisika mesin Waktu, Mesin Waktu Albert Einstein dan Experimen Philadelphia. Teori paradoks kembar yang dikemukakan oleh peneliti menyebutkan bahwa orang yang beada di luar angkasa memiliki lebih muda daripada yang berada di bumi, pada teori lain, orang yang bepergian kearah timur dengan cepat memiliki usia seperberapa nanodetik lebih muda dari pada yang diam.

Dari beberapa tulisan yang saya baca diatas, banyak dikemukanan bahwa inti dari perjalanan waktu adalah kecepatan cahaya, dimana bila kelak kita dapat menembus rekor kecepatan cahaya, maka perjalanan waktu itu mungkin dilakukan.

“pung, aku barusan dari toilet”, tukas sahabat saya itu, “dan aku dapet inspirasi, bisa ngga kita melihat masa lalu kita? dengan bantuan teknologi modern jawabnya adalah BISA”. Saya serius menyimak. “Ngga percaya? coba liat kembali foto dan video yang kita buat, itu semua adalah rekaman cahaya, foto = cahaya, fotografi = menggambar dengan cahaya. Kalo fotonya bergerak namanya video, itu cahaya yang direkam oleh teknologi buatan manusia. Dan hukum fisika menyatakan cahaya tersebut tidak bisa dimusnahkan, dia hanya pergi menjauh. Dan (cahaya yang menjauh) itulah yang akan kita tonton nanti di akhirat, berarti cerita tentang akhirat teh bukan khayalan, semua bisa dibuktikan dengan pengetahuan modern”. Mungkin ini hanya pemikiran dan asumsi awam kami berdua, tapi tiada yang tak mungkin kecuali atas kehendak-Nya. Wallahu a’lam bishshawab…

Khayalan saya tentang mesin waktu ini tetap sama, bila satu saat saya bisa kembali ke masa lalu, saya ingin kembali ke masa Sekolah Dasar, saya ingin menemui seorang sahabat kecil saya waktu itu…

Bagaimana dengan Anda?

Tambahan, baca juga: Perhitungan cahaya versi al-quran dan Pelelangan Mesin Waktu.

169 thoughts on “Mesin Waktu Bukan Khayalan

  1. saya percaya dengan mesin waktu menurut pendapat saya mesin waktu benar benar ada.kita bisa kembali ke masa lampau tapi kita tidak bisa ke masa depan .soalnya masa depan belum kita lalui,tapi masa lalu sudah kita lalui,ini adalah sebuah teori EINSTEIN.teori yang dilupakan .

  2. wah….. kalau kita punya mesin waktu… kita bisa maju ke masa depan dong dengan umur kita sekrg juga….. tp bukannya itu tlah mlawan takdir tuhan???? toh albert einstein juga kgak mendapatkan penghargaan nobel tentang teori ini….

  3. @Ampunia kuji kalupanjing

    yea yea yea..
    whatever you say mr.smart..
    tetaplah membeo…

    saya bukan muslim.
    saya percaya Tuhan.
    Tapi saya bisa mengerti kapan berpikir dengan logika dan kapan berpikir dengan perasaan.

    Apakah ada kata Tuhan dalam hukum2 fisika dan semua yang bisa dipikir dengan logika (ada dasarnya)?
    kalo ada, saya minta buktinya.

    Inilah jeleknya agamamu, agamamu mengajarkan bahwa Tuhan itu tidak dapat dipisahkan dari apapun, yang pada akhirnya juga melogikakan Tuhan.
    menyamakan dan memasukkan Tuhan dalam konteks science.

    memasukkan Tuhan dan kepercayaan dalam logika membuat kalian semua membandingkan kepercayaan kalian dengan agama lain.

    Apakah orang idiot bakalan mengerti bila dia diberitahu orang lain kalo dia itu idiot ?
    itulah dirimu

    menjudge orang lain sebelum bisa mempersepsikan orang lain dengan benar.

  4. Pemandangan yg dilihat pemuda dari atas bukit itu adalah sering terjadi dan makhluk supranatural bisa memanipulasi penglihatan manusia seperti ini, duhai kenapa mereka bisa mempercayai rangkaian masa lalu bahwa semua itu masih terjadi dan menolak kehidupan paralel dimana dunia jin berada.

  5. kalian semua brdebat mengenai ada tidaknya mesin waktu. Ironisnya ada yg sampai mnjelek2an nma agama.. Sungguh trlalu..!
    Perlu kalian ktahui smuanya dsini sya akan mmberi jawaban pasti mgenai perdbatan kalian semua.
    Yang namanya mesin waktu itu, sudah ada sejak dulu dan ada dalam kehidupan sehari2. Ada yg didinding dan ada yang ditangan. Karena mesin waktu yg sebenarnya adalah JAM.

  6. Mesin waktu??????>…….di jagat raya ini gak ada yng mustahil…..w sering mimpi setiap hari tentang ilmu pengentahuan…..w punya mesin waktu…mesin teleport….tpi jika ada yang bisa membuat mesin waktu, ingat jangan menyombongkan diri,….w perna mimpi w naik mesin waktu, disaat itu w ngeliat jgat raya,entah apa w ngeliat ada sesuatu besar.trus dia memantau jagat raya itu…di lapisan luar jagat raya ada gelembung yang menutupi semua isi jagat raya itu….di lapisan luar jagat raya itu kosong. hitam gelpa,…..trus w ngeliat ada orng yang memakai mesin waktu,kem bali ke zaman dahulu….seperti ada dua bumi yang di ampit oleh lengkunagan..pas orng itu kembali ke masa lalu, dia berada di bumi yang satunya lagi di sebela perpotongan(kurang tau kayak seperti ada lengkungan)….dia kembali ke zaman dinoseurus….sesuatu yang besar berada di luar jagat raya memperhatikan semua kejadian itu dan waktu tak berlaku di luar jagat raya itu…….seperti itulah yang w liat dalam mimpi w…FB:gardagarda54@yahoo.com

  7. w setiap hari berdo’a kepada allah, untuk mengetahui apa rahasia di alam semesta ini…..semua ini gg ada yang mustahil tpi maha besarnya allah,knp memustahilkan. untuk tdk menggunakanya untuk tndkan yang negatif, kayak nabi muhammad saw, bliau yang berjalan dengan wktu 1 malam untuk menyelesaikan tugas2nya….jdi kalau kita tdk berbuat yang negatif,knp tdk? allah pasti akan mengkabulkanya…..

  8. Tpi bagai mana kalau konsep PERASAAN Di gabungkan dengan LOGIKA??????>…………….Konsep perasaan dan logika ibaratnya saudara….Dia saling berkerja sama untuk membentuk lianer……..kayak gini. katanya ada ilmuan yang berhasil menteleportasi manusia dengan memusnakannya menjadi butiran2 atom…dan mengirimnya replikanya ke tempat yang akan di tuju…berarti ini LOGIKa,sekarang apakah ada ROH di dalam Tubuh manusia?????>…..INi Baru PERASAAN,Roh yang ada di dalam tubuh Manusia ibarat globang elektromagnetik…saat atom2 terkirim…maka glombang elektro magnetiknya roh tersebut akan mengikuti elektron2 dalam atom tsb….roh yang terkirim seakan sedang bermimpi…setelah atom membentuk menjadi repelikasi orng tadi….scara langsung elektron…akan berkontrksi dengan glombang elektro magnetik roh tersebut…dan terjadilah ikatan,seperti itulah hubunganya…(masih Konsep), mangapa orng bisa meninggal??? dan kenapa orng bisa kerasukan roh2 orng lain???…maka jangalnlah kamu menyombongkan diri atas apa yang aku ciptakan di alam semesta ini.

  9. siapa yg percaya bhwa mesin waktu itu akan ditemukan oleh mANusia??? aku prcaya… mungkin nanti ada orng yg dikaruniakan bakat yg ajaib sehingga bisa menciptakan mesin waktu, pintu krmana saja, robot yg hidup, dll

  10. aku pengrn lihat sendiri kaya apa sih sebenarnya pemandangan seperti itu aku sih percaya bangnget tentang hal itu apalagi setelah dulu aku tau ada di alqau,an dan ada uktin bukti nya dan ternyata mempelajari itu semua emang keren wwwwowwwww banget dan gue suka banget tentang seua itu dan q gak henti henti nya penasaran tentang lalam semesta yg ALLOH ciptakan

  11. TIME MACHINE THEORY

    Time machin atau mesin waktu adalah konsep yang masih sangat kabur mengapa ? karena orang cenderung mengaitkan mesin waktu dengan time transversal atau menempatkan diri secara fisik pada sebuah dimensi (waktu yang lain). Pada dasarnya saya percaya bahwa jika para ilmuwan ingin benar benar mengetahui peristiwa masa lalu itu masih memungkinkan untuk di wujudkan walaupun probabilitasnya kecil tetapi tetap probable walaupun kecil karena kemungkinannya tidak <= 0 jadi secara konsep masih terbuka tetapi ketika itu mengacu kepada time transversal tadi maka itu menjadi kurang logis dan akan ada pertentangan dengan hukum alam itu sendiri. Mengapa demikian ? itulah yang saya akan berusaha menjelaskan pada tulisan ini.

    Probabilitas Mesin Waktu

    Pada dasarnya konsep mesin waktu selalu di sandarkan pada beberapa hal yaitu wormhole, black hole, overspeed reversable rotation, perjalanan ke ruang angkasa dengan kecepatan tinggi. sekarang mari kita uji itu satu persatu untuk membuktikan apakah itu mungkin.

    cara pertama, Wormhole.

    wormhole atau lubang cacing, konsep worm hole sendiri sering di ilustrasikan sebagai sebuah anggur yang di lubangi bgian tengahnya sehingga tembus ke bagian lainnya maka yang tercipta sebenarnya adah jalan pintas mengitari bumi jika konteksnya bumi atau alam semesta jika konteksnya kosmos bukannya time transversal mengapa begitu karena pada dasarnya anda hanya bergerak dari satu titik menuju titik lain dengan jalur tercepat. secara logis ketika anda memasuki jalan pintas ini maka anda memasuki sebuah lubang sebagai alternative jalan menuju ke tempat lain dengan cara tercepat bukannya keluar ke dimensi lain tetapi tetap pada dimensi anda meskipun akan ada selisih waktu dikarenakan siangnya di belahan bumi timur secara pasti di bagian barat akan malam tetapi anda masih berada di koridor peristiwa yang sama. contoh sederhana jika anda bisa berpindah tempat dalam waktu kedipan mata, anda saat ini berada di jayapura dan tiba-tiba anda pergi kejalan pintas yang katakanlah hanya butuh waktu satu detik untuk berpindah ke jepang maka anda masih berada pada dimensi yang sama yang jika terjadi tsunami di samudra pasifik tetap akan terasa imbasnya.

    cara kedua, Blackhole

    blackhole pada dasarnya adalah lobang hitam yang menyerap semua energi di sekitarnya sekarang dari mana anda tahu jika anda melintasi blackhole anda akan tembus ke sebuah dimensi waktu yang berbeda karena belum ada satupun ilmuwan yang bisa masuk ke blackhole dan keluar kembali. percobaan yang dilakukan baru sebatas benda yang di lempar kedalam blackhole. memang jika sebuah benda di lemparkan ke dalam black hole akan menghilang di tarik kedalam tetapi apakah hilangnya itu menuju ke dimensi waktu yang berbeda ? bagaimana jika di dalam black hole ternyata adalah energi panas yang terkurung dalam pusaran sehingga semua benda yang masuk ke dalam blackhole ternyata melebur karena tingkat panas yang tinggi dan keluar ke whitehole sebagai energi yang terurai seperti buah yang sudah di blender yang keluar dalam bentuk serpihan buah(memang buah yang diblender tidak terlalu nampak sebagai serpihan karena buah mengandung air).

    cara ketiga, overspeed reversable rotation

    overspeed reversable rotation atau anda membuat bumi bergerak ke arah berlawanan dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya. apakah anda berpikir dengan melakukan ini akan membuat anda berpindah dimensi waktu ke dimensi waktu lain atau anda mundur, yang ada kejadian atau peristiwa yang terjadi akan tetap sama hanya saja hal hal yang bersifat geoposition action akan menjadi terbalik seperti matahari akan terbit dari barat bukan lagi dari timur bahkan jika salah perhitungan anda bisa membuat bumi keluar dari porosnya dan menghantam benda langit lain yang gravitasinya lebih besar. dan jika dalam kecepatan normal maka anda akan tetap berjalan ke depan bukan berjalan mundur hanya saja jika kejadiannya sangat cepat maka akan terjadi banyak peristiwa alam dahsyat seperti terganggunya kandungan magma dalam bumi yang mempengaruhi aktifitas gunung berapi karena kecepatan putaran bumi tersebut atau ketidak stabilan airlaut yang bergerak dengan cepat seperti anda mengacak air dalam ember.

    cara ke terkhir, perjalanan ke ruang angkasa dengan kecepatan tinggi

    dengan cara ini yang terjadi hanya akan menghasilkan selisih waktu antara anda yang dalam kendaraan tersebut dengan orang yang mendiami bumi dan anda melewatkan beberapa peristiwa di bumi artinya anda hanya melakukan skipping time disini.

    Jadi apakah ada kemungkinan anda mengetahui peristiwa masa lalu ?

    Jawabannya adalah ya, pertama melalui dokumentasi lisan atau tulisan yang kedua jika memungkinkan yaitu dengan memutarkan kembali rekaman masa lalu. Cara pertama mungkin sudah jelas hingga tidak perlu saya jelaskan lagi hanya saja tingkat akurasinya yang masih di pertanyakan karena ada faktor perbedaan perspektif disini dan yang akan saya jelaskan adalah cara kedua. tetapi saya akan mengenalkan beberapa prinsip dasar untuk mencapai cara kedua.

    Basic Prinsip

    Mekanisme Pengaksesan
    Semua hal di dunia memiliki tingkat pengaksesan hanya saja apakah telah di atur tingkat pengaksesannya atau dibiarkan default, dalam ilmu komputer kita menganal ini sebagai Accessible Property. jika sebuah file memiliki Accessible Property-nya read-write maka file itu bisa dirubah dan jika Accessible Property-nya read-only dari sebuah file maka file tersebut dapat dikatakan hanya bisa diakses tidak bisa dilakukan perubahan.

    Prinsip Gelombang & Frekwensi
    Gelombang adalah getaran yang merambat. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasional, yang bisa berjalan lewat vakum, gelombang juga terdapat pada medium (yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya memulihkan yang lentur) di mana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat kepada lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen; yaitu tidak ada perpindahan secara masal. Malahan, setiap titik khusus berosilasi di sekitar satu posisi tertentu.
    sedangkan Suatu medium disebut:
    linear jika gelombang yang berbeda di semua titik tertentu di medium bisa dijumlahkan,
    terbatas jika terbatas, selain itu disebut tak terbatas
    seragam jika ciri fisiknya tidak berubah pada titik yang berbeda
    isotropik jika ciri fisiknya "sama" pada arah yang berbeda

    Gelombang sinusoida dengan beberapa macam frekuensi; gelombang yang bawah mempunyai frekuensi yang lebih tinggi sedangkan Frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam selang waktu yang diberikan. Untuk memperhitungkan frekuensi, seseorang menetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa, dan membagi hitungan ini dengan panjang jarak waktu. Hasil perhitungan ini dinyatakan dalam satuan hertz (Hz) yaitu nama pakar fisika Jerman Heinrich Rudolf Hertz yang menemukan fenomena ini pertama kali. Frekuensi sebesar 1 Hz menyatakan peristiwa yang terjadi satu kali per detik.

    Sistem Penjerat Gelombang
    pertanyaannya adalah jika hal di alam semesta adalah gelombang maka apakah gelombang dari kejadian masa lalu masih tersimpan di udara atau telah hilang seperti bandul yang seiring waktu berhenti, jika masih tersimpan maka apakah kita bisa menangkapanya saya yakin jika ini bisa maka berarti masih memiliki peluang atau probable kita tinggal mencari cara bagaimana gelombang tersebut bisa terjerat apakah menggunakan tabung hampa udara seperti teknologi komputer pertama ataukah ada cara lain seperti pemisahan per frekwensi.

    Jadi bagaimana caranya ?

    pertama dari prinsip diatas saya yakin kita semua punya gambaran sekarang caranya adalah gelombang yang telah dipilih dari masa lalu akan kita konversi ke dalam bentuk file digital yang bisa kita putar atau di tampilkan dalam bentuk virtual reality. maka dengan cara seperti ini file tersebuat menjadi read-only dan kita bisa memainkannya tetapi tidak akan berefek pada kehidupan nyata kita jika kita melakukan perubahan pada file ini. Inilah mungkin yang dimaksudkan oleh stephen hawking sebagai sistem perlindungan kronologis jadi jika anda punya file pembunuhan dan anda melakukan editing dengan frame kelahiran anda dan bayi kecil yang kemungkinan itu adalah diri anda kemudian diri anda ini terbunuh maka pada kehidupan nyatanya anda masih tetap hidup karena ini hanya terjadi di level rekaman.

    Penutup

    Jadi manfaat apakah yang masih bisa anda dapat dari mesin waktu ? saya rasa ini hanya akan membantu ahli sejarah, penegak hukum, tokoh agama untuk meluruskan perselisihan antar sekte dan mungkin negara-negara yang berkonflik untuk mengetahui dari mana asal mereka sebenarnya, mungkin juga buat yang memperdebatkan antara creational principles(adam-eva) dan evolutioner principles(siapa ya..?).

    "Dan TUHAN menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari(peristiwa) pertama." (Genesis)

    …….(peristiwa) umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar? (Maryam)

    "Telah pasti datangnya ketetapan(peristiwa) Tuhan, maka janganlah kamu meminta agar disegerakannya"

    "itulah (peristiwa)umat terdahulu bagi mereka apa yang mereka usahakan bagimu apa yang kau usahakan"

    End of File
    air dimuara secara alami tidak akan mengalir lagi ke danau dan kita selalu melangkah kedepan bukan ke belakang tapi kita boleh menengok ke belakang jika ada yang memanggil

  12. Wah, benar-benar page ini menjadi sejarah buatku,
    @code15, terlepas dari komen Anda, aku memang goblog dan aku ingin semakin goblog agar aku semakin termotivasi untuk lebih banyak belajar tentang sesuatu, yang aku tanyakan itu sebenarnya sederhana bukan? Apa anda memiliki kepuasan terhadap jawaban anda sendiri menjawab pertanyaan itu? Dan juga tolong jangan mengklaim saya dan agama saya dengan asumsi liar Anda, manusia adalah ekspetasi atas apa yang mereka yakini, termasuk saya dan anda, tidak ada yg perlu diperdebatkan.

  13. mesin waktu … ?? mudah mudan bisa di buat ntah gima di buatnya ,v hanya orang gila saja yg bisa membuat mesin waktu… percaya atau tidak… kerajaan ratu bilqis & singgasanya berpindah dalam waktu sekejap…. bukan karna mesin tapi dgn keyakinan… nabi sulaiman dgn berdoa ke alloh… semuanya berpindah dgn mudahnya…. coba yg masih punya iman gali ilmu yg ada di quraan…. ingat alat2 yg canggih di bumi ini masih ciptaan manusia tapi ingat lebih dalam… otak kita…. lebih baik dari benda apapun yg di ciptakan manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>