Bertemu dengan beberapa teman sewaktu kuliah memang menggembirakan, tidak bertemu satu atau tiga tahun sudah banyak yang berubah. Ada yang sudah “berdua” atau bahkan “bertiga”, tapi yang paling kentara adalah perubahan bentuk tubuh, kalau waktu kuliah dulu badan masih kurus, sekarang sebagian besar teman memiliki badan yang bongsor dan perut yang lebih maju he..he…

Ya, itupun terjadi dengan saya, semenjak saya lulus kuliah, kegiatan olahraga paling dilakukan menurun yaitu hanya seminggu 1 kali, yang biasanya 3 atau 4 kali dalam satu minggu.

Dalam satu tahun terakhir saya pun mengalami penambahan berat badan (walau gak sampe buncit :D), saya sendiri cukup aneh, padahal saya sedikit sekali makan nasi, makan siang dan makan malam porsi nasi hanya ukuran setengah dari porsi rata-rata orang Indonesia, dan sedikit makan daging dan ngemil. Akhirnya saya menemukan artikel ini. Ternyata makan nasi di malam hari lah penyebabnya.

Untunglah, saya bukan tipikal orang yang tidak tahan kalau tidak makan nasi, dalam sebulan ini saya rata-rata hanya makan nasi pada waktu makan siang saja. Untuk makan malam, bisa digantikan dengan makan sayuran atau buah-buahan.

Hidup di “kawasan” pendidikan Jatinangor memang agak sulit menemukan makanan sehat untuk malam hari, disana-sini goreng ayam, pecel lele, nasi goreng, dll dengan minyak goreng yang mungkin sudah tidak layak dipergunakan.

Solusi pasti ada, makan malam sudah sebulan ini dilalui dengan capcay rebus tanpa daging, sosis, dan bakso, gado-gado yang dibeli sore tadi, salad yang dibeli di restoran cepat saji, Jus dan sereal, atau dengan solusi terakhir yaitu oat dengan yoghurt.

Bagi yang belum terbiasa meninggalkan nasi, makan apa pun walau sudah menghabiskan 3 potong roti, belum terasa “makan” rasanya. Apalagi kalau makan makanan yang tinggi serat, perut akan terasa sedikit kembung.

Dalam 3 minggu menjalani diet “makan nasi sekali sehari” berat badan saya berkurang 2-3 kilo. Tidak hanya itu, pengeluaran untuk makan pun dapat dipangkas.

Saya bercita-cita untuk menjadi seorang vegetarian satu saat nanti. Jadi, belajar hidup sehat dari sekarang tidak ada salahnya.