Biasanya internet smart ini saya pergunakan untuk bekerja, transfer file perhari tidak sampai 500 mega, karena hanya transfer-transfer file kerja yang berukuran kecil.

Beberapa minggu lalu saya membeli sebuah game dan terpaksa harus mendownload secara online sebesar 7 Giga. Awalnya saya tidak curiga, tapi selalu mendapat keanehan, kalau koneksi Internet Smart akan turun ke kisaran 150 kb/s setelah beberapa saat, padahal saya menggunakan paket ultimate.

Setelah googling, saya mendapati di forum-forum bahwa smart mengubah kebijakan unlimited nya dengan menerapkan aturan “Fair Usage Policy”. Hal ini diiringi pengubahan kebijakan dari TOS di situs Smart.

Dimana pada poin ke 17:

Dalam hal upaya SMART untuk dapat menjaga kualitas layanan akses internet dan memberikan layanan setara kepada seluruh Pelanggan, maka Pelanggan dengan ini memahami dan menyetujui bahwa apabila terdapat pemakaian layanan akses internet yang berlebihan oleh Pelanggan / berada di luar batas kewajaran / batasan normal pada umumnya, yang mana hal tersebut dapat berdampak kepada penurunan tingkat kualitas layanan akses internet untuk pelanggan SMART lainnya, maka untuk Pelanggan yang bersangkutan akan diberlakukan antara lain namun tidak terbatas pada aturan pembatasan kecepatan, dimana kecepatan maksimal untuk paket Pelanggan tersebut akan diturunkan sampai dengan 153 Kbps untuk download dan 128 Kbps untuk upload. Pembatasan kecepatan akses ini akan kembali sesuai dengan ketentuan kecepatan paket semula pada periode tertentu setiap harinya.

Dan poin 18:

Adapun pemakaian/penggunaan akses data yang dianggap berlebih / berada di luar batas kewajaran / batasan normal sebagaimana dimaksud dalam ketentuan butir 17 di atas adalah apabila pemakaian layanan akses internet oleh Pelanggan melebihi dari batas normal sebesar 100 MB per hari untuk paket silver atau 400 MB per hari untuk paket platinum atau 1GB per hari untuk paket ultimate. Untuk menjaga kualitas layanan akses internet SMART, maka SMART dapat merubah batasan pemakaian normal untuk setiap jenis Paket Internet Unlimited.

Sepertinya ini adalah siasat dari pihak SMART-FREN untuk menjaga kualitas internet yang memang akhir-akhir ini seringkali down, akibat terlalu banyak pengakses.

UPDATE:
Bulan Maret 2011 saya mengecek kembali tentang ketentuan dan peraturan layanan dari SMART (Kini menjadi SMARTFREN), poin 17 dan 18 mengalami perubahan