Kurang lebih 2 bulan yang lalu, saya melihat tablet Acer Iconia tab A500 di Acer Shop Bandung. Setelah mencari info dengan detail disertai brosur dan spesifikasinya yang saya dapat di Internet, keesokan harinya saya membelinya dengan harga 4,9 juta untuk yang memiliki 1 buah Acer Iconia Tab A500 untuk memori penyimpanan 32GB.

Setelah hampir 6 bulan memiliki tablet Acer Iconia Tab ini, ada beberapa hal yang bisa saya ulas, untuk bahan pertimbangan Anda membeli atau tidak.

IMG00081 20110809 1406

Tampilan Fisik dan Fitur
Tampilan luar Acer Iconia, terbilang sangat rapi dan kokoh, bagian belakang dibalut plat alumunium dengan finishing yang sangat rapi. Cukup kokoh, pendapat saya, namun memang hal itu harus dibayar dengan bobot keseluruhan yang bisa terbilang cukup berat, bila menggunakan tablet ini sambil tiduran, tangan akan cepat pegal memegangnya.

Terdapat 1 colokan USB, untuk digunakan sebagai input device untuk USB Flashdisk, Keyboard, atau mouse, disampingnya terdapat microUSB untuk sinkronisasi dengan PC. Selain itu terdapat mini HDMI untuk menghubungkan ke monitor / TV. Colokan audio pun tak ketinggalan, untuk mendengarkan musik melalui headphone.

Fitur-fitur diatas boleh dibilang mirip dengan fungsi sebuah laptop, tapi dengan ukuran yang jauh lebih ringkas.

IMG00079 20110809 1405

Batere
Batere Iconia tab a 500 bisa dibilang cukup lumayan, hasil menggunakan selama ini, rata-rata batere bertahan hingga 5-6 jam pada penggunaan full untuk Wifi dan Internet. Untuk charging ulah juga terbilang cepat, membutuhkan waktu 2 jam untuk mendapatkan batere dengan kondisi penuh.

Sitem Operasi dan Aplikasi
Acungan jempol untuk Android Honeycomb, sistem operasi yang terbilang masih baru ini mampu menyuguhkan hal lain. Multi tasking, homescreen yang indah, dan widget, yang tidak saya temui di Ipad. Namun kekurangan yang dialami mengenai masih sedikitnya aplikasi untuk tablet Honeycomb, tapi seiring berjalannya waktu hal ini tidak menjadi kendala di masa yang akan datang.

Update Sistem Operasi
Updating menggunakan Iconia bisa menjadi sebuah kesulitan bagi Anda yang memiliki keterbatasan Internet. Ketiadaan fasilitas resume dalam proses update membuat kita harus mengulangi seluruh proses downloading bila terjadi kegagalan. Bila di bandingkan dengan Asus EeePad misalnya, ia telah memiliki kemampuan resume dalam mendownload file update secara Over The Air (OTA).

Kesimpulan
Menggunakan tablet sangat menyenangkan untuk keperluan praktis Anda, melihat gambar, update Facebook, mengupdate blog, twitter, sampai bertemu dengan klien untuk memperlihatkan pekerjaan Anda. Karena kepraktisannya, ia dapat dipergunakan sambil berbaring di kursi sofa (ini adalah kesukaan saya). Tapi semuanya berpaling kepada kebutuhan Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkannya?