Review dan Setting TP-LINK TL-MR3020



Sebelumnya, saya telah memiliki 3G router modem TP-LINK TL-MR3420 dan cukup puas dengan usianya telah satu tahun lebih, setiap hari masih sering digunakan non-stop. Cukup tangguh memang, dengan harga terjangkau, saya sekeluarga bisa ber-wifi ria dan menghemat biaya GPRS dibanding menggunakan koneksi masing2. Kali ini saya akan me-review “Adik” dari TL-MR3420 yaitu TL-MR3020.

Bentuk Fisik

Awalnya saya kira router TL-MR3020 sebesar modem TL-MR3420, namun ternyata bentuknya jauh lebih kecil. Dimensi fisik router ini hanya sebesar telapak tangan.

Atau bila dibandingkan dengan Mouse:

Setting dan Connecting

Untuk mensetting router ini, pertama hubungkan dengan power, kemudian, melalui laptop / PC / Tablet akses IP 192.168.0.254. Setelah itu, colokan modem melalui port USB. Setelah modem terdeteksi, Anda bisa mendial menggunakan tombol connect.

Review

Setelah menggunakan modem TL-MR3020 selama 4 hari non-stop, sepertinya router ini jaul lebih unggul daripada pendahulunya:

  1. lebih stabil, saya menggunakan router ini selama 4 hari nonstop, hanya mengalamai 1 kali diskonek, dibandingkan dengan tipe TL MR-3420 yang sering kali harus di restart (12-24 jam) karena router tidak merespon
  2. Kekuatan sinyal sama dengan tipe TL MR-3420, tidak mengalami kesulitan pada tempat2 yang biasa saya pergunakan walaupun terhalang tembok
  3. Panas minimum, atau bahkan bisa dikatakan kalau router ini tidak panas sama sekali walau dipake nonstop 4 hari berturut-turut.
  4. Low Power, Router ini menggunakan koneksi mini USB 5 volt untuk daya nya
  5. Dan tentusaja lebih ringkas, dapat dengan mudah dimasukan kedalam tas / saku

Kesimpulan

Router ini sangat worth to buy, selain mendukung hampir semua modem baik itu GSM atau CDMA yang ada di Indonesia, harganya lebih murah, dan compact.

36 thoughts on “Review dan Setting TP-LINK TL-MR3020

    1. @Ridho, Kalau tidak terhalang tembok, kemungkinan sekitar 20 meteran. Di rumah saya tiap kamar dan ruangan tercover dengan sinyal yang lumayan bagus.

  1. Nice review,
    Kebetulan saya sudah memesan router ini secara online. jadi tidak sabar menunggunya…
    klo boleh tau drumah pake koneksi internet apa ya?

  2. saya mempergunakan TL MR 3420 dengan mempergunakan Operator si kuning, kenapa buat browsing bisa tapi begitu dipergunakan untuk download atau tarik email kantor tidak bisa ya ? untuk setting padahal masing mengikuti default yang ada. apakah pernah ada yang mengalami problem seperti ini ?

  3. Saya udah pake TL-MR3020 hingga saat ini tidak ada masalah dengan menggunakan router ini denga modem Smartfren AC682. Untuk koneksi menggunakan 3G, settingan secara default, hanya perlu upgrade Firmware yang terbaru saja.
    Dipake nonstop juga ok, saya ingin mencoba menggunakan smartfren Rev B. Apakah sudah ada yang mencoba dengan router jenis ini ?

  4. kalo buat speedy bisa ngga ya mas? soalnya ini saya pakai speedy unlimited mau pindah ke wifi katanya mba telkom tinggal tambah router wifi nya…

  5. bro, saya pake modem option icon 225 yg isinya axis, modemnya udh identified, meskipun hrs update firmware(dikirimin bro ricky dr support tp link indonesia) tapi kok belum b isa konek internet ya? mohon pencerahan untuk settiong pake manual nya untuk axis, makasih…

  6. Halo mas, saya memiliki router tp link mr3020 dengan modem smartfren ce682. lalu firm version sdh di update 3.12.11build 120320 Rel.42138n. setting nya sudah di set sampai bisa berfungsi alias koneksi data. lalu setelah saya wifi dgn router tsb lancar selama 10 menit saja. lalu setelah itu koneksi datanya tidak ada lagi. Padahal connection mode dan autentication sudah di set automatically. mohon saranya mas. thanks

  7. mas pupung,
    saya pake modem tp link mr 3020 dengan modem huawei e352.. kq sering hang alias sinyal wireless ada tp ga konek di ping 192.168.0.254 replay tp klo di ping http://www.google malah time out… modem saya coba di laptopga masalah… mohon solusinya thx

  8. mau tanya mas. saya juga penggua MR3020
    menggunakan modem venus fast2.
    saya sering mengalami diskonek sndiri.tidak sampai 30 menit.
    padahal firmwarenya sudah saya upgrade ke versi terbaru, sinyalpun penuh.
    settimgan padahl sudah default.
    mohon pencereahannya gan

  9. mas saya punya acsees point TP link 701 nd, rencananya mau dipasang di outdoor dengan sambungan internetnya menggunakan USB modem smart, kalau misalnya saya beli MR 3020 untuk router modemnya kmd keluarannya disambung ke WA 701 nd untuk dipancarkan bisa ga ya mas. makasih sebelumnya

  10. punya sy aneh, klo ada temen yg mau akses tp gak bisa coneck ke internet pd hal sinyal full dan dari netbook sy jg bisa coneck ke internet. bagaimana ya solusinya ?

  11. mas, saat ini sy gunakan modem usb dgn operator 3 dan tiap 6 jam inetnya putus. Mas blg gunakan operator 3 sbg cadangan, apakah pernah gunakan operator 3 24 jam, dan bila router mr-3020 apa dia akan lgs rekonek? mhn infonya, trima kasih

    1. Memang kadang seperti itu mas kendala nya… Bisa dari sinyal atau internet nya sendiri atau dari routernya…

  12. klo di bandingkan dengan MR 3040 gimana untuk ketahanan dan keawetannya…daya jangkau sinyalnya lebih kuat yang mana?
    (sama2 di pakai terus menerus dengan ML 3040 batreinya di lepas) NB: klo bisa balas ke email saya. thx

  13. tergoda juga iman ku. mr3020 bersanding prolink pcm100 dg mas kawin unlimited fleksi. saksi dan penghulu berujar “sah” dan “alhamdulillah”.

  14. mas, saya kmrn baru beli TL-MR3020. Saya nyalakan router melalui listrik dan pda saat mencolokan modem smartfren CE682 malah tidak kebaca. Lalu modem saya cabut dan saya colokan ke laptop untuk membuka 192.168.0.254 malah ngga bisa jg, buka situs lain bisa. Apa yg harus saya lakukan ya mas agar modem bisa connect di router ini?

  15. setahu saya untuk connect di tp-link MR3020 max 5 user ,ketahanan 3 24 jm emang bener tahan mas dan jg gak panas, tp Belum tentu modemnya tahan selama itu.
    saya perah nyobain di linux dan hasilnya bagus dengan ZTE AC2726ui Smart, bagi mas” yang mw upgrade firmware sebaiknya beckup terlebih dahulu mas…

  16. Mas, saya mau pake MR3020 untuk IP cam, basa bantu bagaimana mengaktifkan virtual server nya, saya coba tes tapi port nya ga terbuka..

    makasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>