Setelah dibuat kecewa berat oleh akses internet Fren pada bulan puasa lalu (tahun 2006), kemudian saya berinisiatif untuk pindah menggunakan layanan 3G XL yang kebetulan launching juga pada bulan yang sama. Setelah saya melakukan konfirmasi kepada pihak XL melalui Costumer Service apakah di Jatinangor, Sumedang, sudah support 3G atau belum, mereka mengatakan sudah.

Setelah mendaftar, pada hari yang sama nomor saya langsung aktif, dan melakukan pengecekan menggunakan modem yang dipaketkan bersama paket data Giga, umumnya saya cukup puas. Satu hal yang membuat saya bertanya-tanya, setiap jeda 1 jam koneksi internet selalu putus, dan saya masih berpikir itu bukan masalah besar, toh tinggal re-connect maka urusan selesai. Selain itu, sinyal 3G yang berada di level 2 bar namun tidak stabil, pada jam-jam sibuk sektiar jam 8-12 siang, sinyal 3G sering menghilang, saya sudah menghubungi CS melalui 818 atau email, tapi ya… jawaban selalu sama :D, sepertinya copy paste dari naskah yang telah ada.

” Terima kasih atas konfirmasi Bapak. Hingga saat ini kami masih terus melakukan perbaikan dan perluasan…”

Pada tanggal 20 Juni XL pernah mengalami gangguan, hingga saya tidak bisa terkoneksi selama 6 jam. Dan setelah hari itu, sinyal XL di kawasan Jatinangor sering kali down dan menghilang sampai beberapa jam, tidak terkecuali sinyal 2G walau hanya down selama 1-2 menit tapi sungguh mengecewakan kalau sering terjadi.

Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti berlangganan XL sampai ada koneksi dari service provider lain yang lebih bagus, atau XL bisa memperbaiki kualitas sinyal mereka di daerah saya (semoga). Bagaimana XL ? Apakah Anda siap ?

Update: Selasa, 4 Maret 2008
Selama 2 Minggu ini, sinyal 3G di wilayah jatinangor lebih stabil, saya dapat terkoneksi berjam-jam tanpa putus dan dengan range signal antara 1-3 bar (Fair – Good). Mungkin BTS di wilayah Jatinangor telah di upgrade kualitas sinyalnya. Thank for the efforts XL.

Modem Signal

Update:
Hasil Googling komplain sinyal XL