Sinyal XL Mengecewakan



Setelah dibuat kecewa berat oleh akses internet Fren pada bulan puasa lalu (tahun 2006), kemudian saya berinisiatif untuk pindah menggunakan layanan 3G XL yang kebetulan launching juga pada bulan yang sama. Setelah saya melakukan konfirmasi kepada pihak XL melalui Costumer Service apakah di Jatinangor, Sumedang, sudah support 3G atau belum, mereka mengatakan sudah.

Setelah mendaftar, pada hari yang sama nomor saya langsung aktif, dan melakukan pengecekan menggunakan modem yang dipaketkan bersama paket data Giga, umumnya saya cukup puas. Satu hal yang membuat saya bertanya-tanya, setiap jeda 1 jam koneksi internet selalu putus, dan saya masih berpikir itu bukan masalah besar, toh tinggal re-connect maka urusan selesai. Selain itu, sinyal 3G yang berada di level 2 bar namun tidak stabil, pada jam-jam sibuk sektiar jam 8-12 siang, sinyal 3G sering menghilang, saya sudah menghubungi CS melalui 818 atau email, tapi ya… jawaban selalu sama :D, sepertinya copy paste dari naskah yang telah ada.

” Terima kasih atas konfirmasi Bapak. Hingga saat ini kami masih terus melakukan perbaikan dan perluasan…”

Pada tanggal 20 Juni XL pernah mengalami gangguan, hingga saya tidak bisa terkoneksi selama 6 jam. Dan setelah hari itu, sinyal XL di kawasan Jatinangor sering kali down dan menghilang sampai beberapa jam, tidak terkecuali sinyal 2G walau hanya down selama 1-2 menit tapi sungguh mengecewakan kalau sering terjadi.

Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti berlangganan XL sampai ada koneksi dari service provider lain yang lebih bagus, atau XL bisa memperbaiki kualitas sinyal mereka di daerah saya (semoga). Bagaimana XL ? Apakah Anda siap ?

Update: Selasa, 4 Maret 2008
Selama 2 Minggu ini, sinyal 3G di wilayah jatinangor lebih stabil, saya dapat terkoneksi berjam-jam tanpa putus dan dengan range signal antara 1-3 bar (Fair – Good). Mungkin BTS di wilayah Jatinangor telah di upgrade kualitas sinyalnya. Thank for the efforts XL.

Modem Signal

Update:
Hasil Googling komplain sinyal XL

29 thoughts on “Sinyal XL Mengecewakan

  1. Semua operator yang gembor2 3G-an sinyalnya masih jelek untuk daerah bandung dan sekitarnya.

    Orang lain mah udah ber EDGE ria…kita mah 3G aja masih dung dung pret…

  2. #2: Speedy gak bisa Mobile :D
    #3: He..he..he.. Layanan kan biasanya naik turun, makanya ketika lagi turun, kita genjot supaya naik lagi.

  3. - belum pernah nemu layanan mobile internet yang ‘memuaskan’ sejak 2003
    - 2007 cuma nyoba XL3G, ya sama saja, ada masa byar-petnya juga
    - koneksi provider yang lebih bagus? yang ada hanya produk baru :D

  4. XL memang iklan doang
    saya malah cuman 1 minggu bertahan langsung out. Status sih konek tp ga ada transfer data :P

  5. Coba pakai telkomnet premium via flexy.
    Tapi kemarin nyoba pake akses internet pake flexy nggak nyambung-nyambung :D
    Kesimpulan:
    Kang Pupung sudah waktunya punya kantor dan ngantor di hari & jam kerja :)
    Mau jadi remote-worker mah infrastruktur di Indonesia belum siap Kang..

  6. #buya: Justru itu yang tidak mau :) masuk kerja tiap hari… masalah infrastruktur sepertinya sekarang sudah makin maju kang…

  7. hp saya jenis nokia N93i semestinya bisa GPRS,MMS apalagi 3G,tapi setelah menggunakan XL explor selama beberapa tahun tapi belakangan ini ternyata mengecewakan,xl tidak siap dengan janji-janjinya dengan segala promosi yang ada baik melalui media cetak maupun elektronik,selalu gangguan,3G ga bisa digunakan apalagi GPRSnya,semestinya lakukan dulu persiapan yang baik baru promosi jangan janji manis melulu dong tapi ternyata ga berfungsi semua yang dipromosikan,ok ditunggu perubahannya……hurry up

  8. Sebagai tambahan, untuk orang yang ingin berinternet dengan kecepatan 3G (7.2Mps) dengan berlangganan Xl, sebaiknya ditunda dahulu sampai pihak tersebut menambah mutunya, karena kalo kecepatan tidak bisa melebihi koneksi dari CDMA seperti Fren bahkan lebih jelek daripada memakai telkomnet jaringan telpon, tidak seperti waktu di pameran yang kecepatannya sunggu menakjubkan :P Saya sehari yang lalu di Mega Bazar Komputer baru saja membeli paket 1Gb dan brand Bandluxe, setelah di coba di rumah dan di halaman rumah ternyata kecepatannya sangat mengecewakan dan selain itu tidak koneksinya tidak bisa bertahan dalam 5 menit-an karena putus terus, padahal sinyalnya berada di 4 bar….:( Capek deh….

  9. Saat ini menggunakan XL sangat2 mengecewakan dan saya yakin ini sengaja diputus2 koneksinya.

    Sebelum konek sinyal full stlh konek 5 menit sinyal langsung ilang dan terpaksa harus reconnect lagi.

    Semenjak 2 hari ini…

    Sialan.. perusahaan di indonesia memang benar2 mengecewakan. Semoga ada 1 perusahaan luar negeri yang masuk kesini dan membabat habis kesombongan para isp2 indonesia ini.

    Tujuan daripada pemilik isp2 di indonesia ini bukan mencerdaskan bangsa tapi membodohi dan mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya.

    iklannya aja yang bagus. pas udah langganan.. sungguh mengecewakan!tidak profesional.. CS bisanya hanya copas alias copy paste.. ngga bisa membantu.

    Klo koneksi error telp ke cs (mana bayar lagi!) dia akan tanya2 yg ga ada hubungannya.. Bapak pake windows apa? udah dibilang pake modem masih aja tanya HP jenis apa? Komputernya tipe apa? Ujung2nya bakalan bilang.. oh ya pak koneksi gprs kami sedang trouble.. Set dahhhhhhhh

    Semua ISP di indonesia sama aja.. sami mawon.. patuh lengeh buah..

  10. kita kecewaaaaaa bgt sm XL trutama XL Bebas dan X-plor, sinyal jelek abis! nelp suka mati2.. trus skg udah ga gratis sms lg sesama XL, programnya diubah2 trs,kita mau ganti ke GSM lain aja deh

  11. saya merasa kecewa sama XL, sering dibikin prustasi kalo lagi butuh nelpon, memang pasang harga murah 600 perak tapi beugh kemana sinyalnya? dimakan tikus?
    sebentar2 putus, layanan tidak tersedia, dan banyak lagi yang bikin ngeselin…
    Aku kecewa! benerin lagi donk sinyalnya jangan iklannya ajah yang digembar gemborkan!

  12. Iya bener saya udah lama pake Xplore bulan ini gak bisa telp keluar padahal ada logo Excel telp setengah mati susah bgt… gak usah murah deh … asal siyalnya ada…. jadi penipuan gini .. pindah aja ke operetor lain rame-rame TINGGALIN XL !!!!

  13. Saya mau ikut komplain. Pada awal saya berlangganan signal 3G lumayan bagus. Walaupun cuma 2 bar, tapi stabil. Tapi makin lama berlangganan koq kualitasnya makin berkurang? Bukannya terbalik? Sekarang boro2 3G, untuk 2G nya sendiri sudah ngos2an. Coba bayangkan, ketika sudah berhasil connect saya load 1 halaman. Tapi ketika mau pindah halaman langsung putus. Begitu seterusnya. Sepertinya akses saya dibatasi atau gimana gitu..

  14. ikutan super kecewa sama xl, gw beli xl plus paketan hsdpa cuma oke selama seminggu abis itu setiap 10 menit koneksi putus dan jarang lancar. sebulan kemudiah lebih parah jarang bisa konek. dihub ke email gak ada jawaban di hub via telpon 817(bayar lagi) jawabannya mohon ditunggu, sedang diperiksa. sampai sekarang blom ada perubahan.

  15. saya ikutan kecewa ama XL. Udah kadung beli paket modem+perdana HDSPA (padahal dulu sempet ngelirik smart) ternyata udah 1/2 bulan ini gak dapet sinyal 3G. Cuma dapet GPRS itu pun idup mati. Kesel, dah nelpon CS nya jawabannya ya itu-itu aja (paling CS nya cuma baca script doang niih). Gimana kalo’ kita class action aja????

  16. Sinyal XL, aduh ampun jeleknya. Bar penuh tapi koneksinya bisa putus nyambung putus nyambung. Pake XL gara2 nomor telp kantor dan di bayarin juga sedikit dr kantor. Punya 2 nomer juga ribet. mau gak mau stay ama XL utk sementara waktu.

  17. betul. betul. sy jg lbh sering kecewa internetan pake xl. Yg bkin aneh adl: masa internetan di kota ga nyambung2 dan internetan di desa mlah sgt cepat. Apa pemakai layanan internet tu lbh byk org yg tnggal di desa drpd di kota? Sy rasa tdk. Apa xl salah perhitungan? YANG JELAS SY SERING KECEWA INTERNETAN PAKE XL.

  18. iya nih tukang tipu iklannya doang yang digembor2 in akhir2 ini sinyalnya sering2 putus padahal barnya penuh mau download file gagal terus. barusan ada temen beli evdo smart ternyata lebih memuaskan kuotanya gede signal nya stabil, jadi nyesel padahal dulu udah ada niat make smart

  19. xl bukanya semakin bagus malah semakin ngaco.. hari ini saya total berhenti menggunakan xl.. Indosat lebih bagus sepertinya..

  20. iya, saya juga pakai xl, saya udah aktifin bbm yg bulanan, biaya ya udah di pungut. udah dapet sms yg ngasih tau kalo internet udah aktif. tapi udah seminggu internet nya ngga nyala2

  21. Sekitar 2 minggu lalu saya beli paket internet XL unlimited (modem Huawei E173 + langganan gratis selama 3 bulan) seharga 300 ribu. Saat pertama aktif cukup menjanjikan. Namun hari ke-3 mulai putus nyambung dan semakin sering dengan waktu putus cukup lama. Kalaupun terhubung dengan jaringan koneksinya terlihat sangat tidak stabil kalau dilihat dari statistik pada tampilan software XL.

    Saya beli paket modem XL ini karena kebetulan modem yang biasa saya andalkan (dari provider AHA) tidak punya jaringan di kampung halaman saat mudik lebaran kemaren.

    Ada apa sebenarnya dengan XL unlimited ini? Kalau memang kapasitas anda belum memadai harusnya ditunda dulu peluncuran produk anda. Putus nyambung ini mengingatkan saya pada strategi “buka tutup” dalam mengatasi kemacetan arus kendaraan di puncak (Bogor) pada akhir pekan.

  22. Xl payah, kmrn gw pake three tp terbujuk rayuan iklan xl akhirnya pake xl, bli nmr mhl 25rb pulsa 50 dhargain 56, kirain dg harga segitu bisa bagus, paling ngga lbh baik dr three, GAK TAUNYA PARAHHHH DAHHH three aja harga paket 500mb dg max speed 3,6mbps cm 35rb lah xl paket 500mb dg max speed cuma 512kbps DHARGAI 49RB MAHAL GILAAA, SINYALNYA DIMANA˛ EDGE udh gitu ilang˛an mulu, tempat˛ yg tdnya dg three bisa gw dpt 3g bahkan hsdpa dg sinyal lmyn stabil tp dg xl cm 3g-edge (lbh dominan edge) dg sinyal ANCURRR… rugi 70rb guaa…

  23. ah ga semuanya benar tuh, kenyataannya aq yg terdekat aza dr BTSnya lola bangget buat internetan yg Unlimited, padahal ga sampai radius 1 km dr BTS xl, bikin capek aza nie signal jujur aza kalo ga tanggung aq mau pindah ini karena aq merasa
    dicurangi

  24. Xl mengecewakan banget ! Signalnya itu loh ! Untk iPhone bulet Maluku-_- tp speednya oke banget ! Itu aja sih kekurangannya :D
    Trus jg kalo nelp sering bgt Call Failed.

  25. Sms sll ada yg gk sampe
    Nelp jg kadang nyambung kadang gk ada suara,putus tiap 2detik
    Biaya internet d pungut tp koneksi internetnya mati, paraaah
    Sebenernya yg sgt parah itu bukan koneksi sms,tlp,internet,tp jajaran manajemen yg cm duduk terima gaji tanpa ada evaluasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>