Telpon Murah Lewat Internet

Teknologi baru hadir menggantikan teknologi lama, teknologi yang awalnya kita anggap mutakhir, perlahan tapi pasti akan berubah menjadi usang. Telpon saluran tetap (Fixed Line) yang dulu menjadi andalan, perlahan tapi pasti tergeser oleh saluran telepon nirkabel dan Seluler. Penyentara sebagai alat pengirim pesan sudah dilampaui oleh Layanan Pesan Singkat (SMS).

Awalnya saya kurang tertarik dengan yang namanya teknologi komunikasi lewat internet, karena pasti tidak akan jauh berbeda dengan Voice Chatt melalui Yahoo Messenger misalnya, suaranya kadang terputus dan kualitas yang kurang begitu baik. Beberapa waktu lalu saya sempat menulis mengenai kehebatan Pidgin di blog saya ini, dan setelah membaca komentar Iman tentang Skype, akhirnya saya tertarik untuk mencoba.

Setelah menginstall Skype, panggilan yang saya lakukan adalah kepada sahabat saya itu, Iman. Saya pun terkagum-kagum dengan speed internet saya yang hanya 64kbps, kualitas suara sangat jernih, dan minim sekali lagging. Saya pun makin penasaran, beberapa kali saya melakukan panggilan dan mengikuti conference dengan beberapa orang asing yang membahas mengenai suatu topik, walau dengan modal bahasa inggris pas-pasan, tapi peduli amat, toh tidak bertemu langsung.

Ternyata Skype ini bisa dipergunakan untuk melakukan panggilan ke telepon rumah atau seluler dengan tarif yang terbilang murah. 3 Hari yang lalu, saya mencoba membeli credit Skype sebesar $10 yang saya transfer dari rekening moneybookers saya.

Credit Skype

Setelah account Skype saya terisi credit, saya pun mencoba melakukan panggilan, panggilan pertama adalah menghubungi telepon rumah Ibu saya di Tasikmalaya. Waw… mantap, sayapun berbincang beberapa lama. Memang ada sedikit lag tapi tidak sampai mengganggu komunikasi, suara Ibu saya tercinta terdengar sangat jelas di headphone yang saya kenakan.

Calling my mom

Panggilan kedua saya hubungi Iman, melalui Telepon Selularnya. Mengubungi selular sepertinya tidak sebagus telpon tetap, walau kami masih bisa berkomunikasi dengan baik, kualitas suara saya yang terdengan di Ponsel lawan bicara tidak begitu bagus.

Mari Kita Berhitung Tarif
Tarif yang kita dikenakan dalam penggunaan fasilitas ini ada 2, yaitu Tarif telpon menggunakan Skype dan tarif internet. Untuk wilayah Indonesia, Skype mematok harga $0,092 per menit untuk seluruh wilayah Indonesia. Kita kalikan dengan rupiah, misalnya dengan rate Rp. 9000 per Dollar, jadi tarif untuk 1 menit menggunakan Skype adalah: Rp. 828 per menit.

Sekarang kita hitung tarif internetnya, supaya mudah, kita bisa menggunakan tarif Mobile ISP menggunakan Mobile8 dengan kecepatan kurang lebih 100 kbps. Dengan tarif per menitnya adalah: Rp. 160 per menit.

Jumlah total adalah: Tarif Skype + Tarif Internet = Rp. 828,00 + Rp. 160,00 = Rp. 988,00 per menit. Cukup murah bukan? Bayangkan bila Anda berada di Jakarta, kemudian melakukan Panggulan ke Papua. Atau dari dalam negeri ke mancanegara, dengan tarif rata-rata Rp. 1000,- per menit. Jauh lebih murah daripada menggunakan SLJJ Telkom, maupun SLI…

Tertarik mencoba?

63 Comment

  1. herman says: Reply

    thanks mas, infonya sangat membantu, saya skrg dah bisa nelp ke indonesia, dengan tarif yg lumayanlah, untuk ngomong ke indonesia td sktr U$3 selama 18 menit, mungkin saya terlalu jauh dari indonesia makanya tarifnya beda ya… saya skrg di swedia yang kalo di tekomsel itu masuk wilayah 5 trus kalo nelp ke indonesia seputaran rp 22rb/menitnya, yah alhamdulillah dpt fasilitas wifi disini, makanya g pake itung2an masalah penggunaan paket data..
    yang jelas, info mas sangat mambantu saya.. terimakasih banyak dan sukses selalu…

  2. blbn

  3. Nurdjannah says: Reply

    Mas Pupung ,

    Tolong nanya kalo mo telp ke Saudi Arabia gimana ya kalopake Skype tapi lgs hp ,biayanya berapa
    soalnya anak tugas disana ,kalo bisa murah kan lumayan.terimakasih

    Nurdjannah

  4. titin says: Reply

    kalau mau instal skype di hp bisa,download aja di skype.com/m

  5. ema says: Reply

    mas mau nanya klo tlp pake skype ke tlp luar negri bayrnya gimana ya? thaks

  6. Cep Decca says: Reply

    punten kang pupung,ngiring nimbrung..bd tumaros;pm cara bayar credit skype tiasa ngangge rupiah ti rek bank?
    Nuhun..

  7. eko says: Reply

    halo bang. mau tanya. klo buat id skype beda2, trus pake 1 alamat email yg sama, bisa ga? trima kasih

  8. eko says: Reply

    maksudny, ogut mau buat macem2 id skype.. tp register ny pake 1 alamat email yg sama. buat keperluan kantor soalny
    bisa ga bang?

  9. jo says: Reply

    skype mahal…kalau mau benar2 murah pake ja hotvoip cuman rp 150 tlp ke luar negeri

  10. Memang ada banyak jalan menuju Madinah, ada banyak jalan mencapai cita :)
    Terimakasih ya atas ilmunya…

  11. amos says: Reply

    apa kabar

Leave a Reply