Pertama kali saya menggunakan Klikpay dari BCA untuk transaksi, kemarin. Apa itu Klikpay? Klikpay adalah layanan pembayaran dari BCA untuk bertransaksi online. Sebelumnya saya sering menggunakan KlikBCA untuk melakukan pembayaran online. Apabedanya untuk sisi user?

Saya pribadi tidak menemukan sebuah hal yang signifikan berbeda. Perbedaan utama hanya pengalihan KeyBCA yang dipakai di Internet Banking, menjadi Sistem SMS yang dikirim oleh mesin untuk diinput di kolop verifikasi Klikpay.

Proses Pendaftaran dan Aktivasi

Pertama-tama, kita harus mendaftar di klikpay. Proses pendaftaran cukup singkat dan mudah, namun syaratnya anda harus memiliki internet banking BCA untuk aktivasi, serta metoda pembayaran apakah debit dari rekening atau kartu kredit BCA Anda.

Proses Pembayaran dengan Klikpay

Proses pembayaran dengan Klikpay bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan klikBCA, hanya saja bila proses transaksi telah sukses dilaksanakan, kita tidak perlu konfirmasi dikarenakan sistem Klikpay telah terintegrasi dengan toko online.

Kemarin saya mencoba menggunakan Klikpay ini untuk berbelanja di bhinneka.com

Untuk memverifikasi pembayaran, Klikpay membutuhkan kode verifikasi (OTP) yang dikirim melalui ponsel Anda.

Setelah berhasil, Anda akan dibawa kembali ke halaman web dari bhinneka.

Kesimpulan

Untuk saat ini penggunaan klikpay masih sangat terbatas, tadinya saya berharap klikpay akan seperti paypal, tapi ternyata tidak. Penggunaan KlikBCA menurut saya masih lebih cepet dan praktis. Namun bila anda hendak bertransaksi dan lupa membawa KeyBCA, Klikpay bisa menjadi alternatif.