Berpetualang melakukan pencarian koneksi internet wireless yang mumpuni di Indonesia memang tidak pernah berakhir. Kali ini saya mencoba koneksi internet menggunakan SMART dan modem ZTE AC2726 dari sebuah komputer Mac.

Minggu lalu saya memperoleh modem ini dari counter Smart di Bandung Indah Plaza seharga 999.000 rupiah. Modem ZTE AC2726 yang telah mendukung EVDO. Smart hadir dengan beberapa opsi paket.

Setting

Seperti biasa, setelah menerima nomer baru, lakukan registrasi ke 4444. Driver untuk modem ini, telah disertakan dalam Modem yang dapat berfungsi juga sebagai Data Storage / Flash Disk dengan tambahan MicroSD Card. Untuk memulai koneksi, Anda hanya memerlukan nomer dial: #777, Username: Smart dan Password: Smart.

Coverage dan Sinyal

Saat ini Smart dengan EVDO telah hadir di beberapa kota besar seperti: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Di wilayah saya di daerah Arcamanik, koneksi EVDO mendapat 4-5 Bar, namun sayang sekali, sinyal adakalanya drop dan hanya mendapat CDMA 1X (maks kecepatan 153kbps – sangat lambat). Seperti karakteristik sinyal CDMA pada umumnya bila terhalang tembok / bangunan sedikit saja, sinyal akan menjadi kurang kuat.

Driver ZTE AC2726

Menggunakan Mac dengan Snow leopard, Aplikasi ZTE sering kali berhenti secara tiba-tiba, terlebih bila hendak men-diskonekan koneksi. Aplikasi modem ini sepertinya tidak compatible dengan Snow Leopard. Namun hal ini bukan suatu kendala utama.

Kualitas Koneksi

Saya berlanggakan paket Platinum dengan kecepatan download hingga 3,1mbp dan upload 384kbps. Ketika saya melakukan testing, untuk download, jarang sekali menyentuh kecepatan yang diharapkan, untuk download stabil di kecepatan 8-15KB/s. Entah karena Driver yang tidak compatible dengan Snow Leopard, atau karena kualitas sinyal, maksimum koneksi tanpa putus yang saya raih hanya 5 Jam, diluar itu, koneksi sering kali terputus antara 1-3 jam dan harus reconnect kembali. Berbeda dengan TelkomselFlash dimana saya memiliki rekor koneksi 36 jam tanpa putus.

Untuk upload, Smart terbilang bagus, kecepatan uploading lebih cepat daripada koneksi wireless pada umumnya. Ini hasil test saya menggunakan speedtest:


Browsing Vs. Download

Entah kenapa, untuk browsing menggunakan Smart memang lebih cepat, beda halnya dengan download, baik itu download file .exe, .zip, dll kecepatan yang saya dapatkan sangat jauh dari harapan. Adakalanya hanya dapat :
Downloads.
Mungkinkan pihak smart melakukan filtering dan membatasi Download?

Kesimpulan akhir, Smart sangat cocok dipergunakan untuk Anda yang sering kali mengirimkan file, atau yang hobi browsing. Selain itu coverage Smart hanya di kota-kota besar, saya pernah mencoba smart di Tasikmalaya, dan sangat-sangat lambat. Lebih bagus kualitas Telkom Flexi kalau untuk bepergian ke luar kota. Semoga bermanfaat!, apakah Anda memiliki pengalaman dengan Smart ?