Memilih dan Merawat Roller yang Tepat Untuk Motor Matic





Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.

Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.

roller1.jpg

Meningkatkan Aselerasi dan Top Speed

Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap perubahan variabel dari variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. Aselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam sebuah motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam meng-“utak-atik” roller, Anda hanya akan dihadapkan pada pilihan: “Aselerasi” atau “Top Speed”.

Bila kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, melewati kemacetan, kondisi yang “stop and go”, dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan Anda sebaiknya adalah Aselerasi. Aselerasi akan lebih baik bila Roller memiliki berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller yang dipergunakan adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi aselerasi ini dengan menggunakan roller 12 Gram.

Namun bila Anda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang cukup jauh atau bahkan touring dengan rekan – rekan Anda. Pilihan Top Speed lebih cocok dipergunakan. Sama dengan contoh kasus diatas, Top speed yang lebih baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan yang lebih berat dari berat standard, misalnya 14 Gram.

Membersihkan Roller

Membersihkan Roller secara berkala juga diperlukan, dengan menggunakan bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.

Aselerasi dan Topspeed Bersamaan

Saat ini, saya menggunakan Roller yang terbilang tidak biasa, roller yang tidak bundar. Roller yang saya pergunakan sekarang adalah produksi dari Dr. Pulley dari Taiwan, yang disebut dengan Sliding Roller. Dengan mempergunakan berat kombinasi 12 dan 13 gram, tarikan terasa lebih merata pada tarikan awal, aselerasi, maupun pada putaran tinggi. Aselerasi dan Deselerasi juga cukup mengagumkan…

roller-sr.png

Roller ini terbilang cukup unik, harganya pun bisa sampai 12 kali dari roller biasa. Bahan yang dipergunakan terbilang lebih awet, menurut pembuatnya ia menyebut bahan teflon ini dengan sebutan SL-9. Setelah satu tahun lebih, dan berjalan sejauh 25.000 Kilometer, kondisi Roller tersebut masih cukup bagus. Kemungkinan masih bisa dipergunakan hingga 2 tahun kedepan.

Roller Dr. Pulley ini tersedia untuk berbagai merk scooter matic yang beredar di Eropa dan Taiwan seperti Yamaha Majesty (125 dan 250), Honda, Kymco, Suzuki Skywave 250, Piaggio, GY6 Based Scooter (Kymco, SYM), Gillera, Aprilia, Malaguti, Peugeot.

Untuk beberapa Tipe Scooter Matic yang berada di Indonesia dapat juga di terapkan: Honda Vario, Suzuki Spin 125, dan Kymco semua jenis matic (Trend 125, Trend SR 125, Easy/Easy JR 100, Free LX 110, Free EX/ECX/MX 100, Dink 150, Grand Dink 250, dan Xciting 500).

Ide Konstruksi, Bahan, dan Bentuk dari Sliding Roller Dr. Pulley ini telah dipatenkan oleh penemunya, dan telah beredar ke negara-negara eropa dan Amerika.

Hasil Test Performa:
testreport.png

Dimana Membeli Dr. Pulley ?

Maaf sy gak bisa melayani lewat nomer HP :) pulsa saya terbatas :D Jadi tanya-jawabnya di sini saja.

Beli sliding roller bisa di Dutamatic Bandung, terakhir saya kesana masih ada barangnya, atau bisa hubungi teman-teman angkringan atau masuk ke kymco.or.id. Beberapa rekan telah mengimpor sliding roller, hit clutch, dan variator dr.pulley dari Taiwan. Anda juga bisa memesan melalui situs ebay, hanya untuk diketahui, Yamaha Mio, Suzuki Spin, Suzuki Skywave, Honda Beat, Honda Vario, tidak terdapat / populer di wilayah eropa / taiwan. Hanya saja, beberapa rekan pernah mengujicobakannya dan cocok di Yamaha Mio, Suzuki Spin, dan Honda Vario.

Sumber Gambar:
Union Material – Dr. Pulley

362 thoughts on “Memilih dan Merawat Roller yang Tepat Untuk Motor Matic

  1. gan, skrng kan ad merk Faito punya?
    ad beda nya ga ?
    selain harganya yg murah.?
    dr kualitasnnya apa murahan juga?

    tolong info dums gan.
    thx

  2. motor saya mio saya kasih seker sogun125 dan klep jga sogun125.cvt 1500rpm,roler standart saya bur 6mm..skarang tarikanya ok bnget.,

  3. mas broo mau tanya, kalau untuk mio. rumah roller bisa diganti pake punya honda beat?

    trus untuk rollernya klo pake yg Dr.Pulley. cocoknya yg brapa gram ya?

    trus per CTV bagus nya pake Beat / merk Luar?

    tempat modif di jakarta barat dimana ya gan?

  4. mas lw bwat enteng”an beli roller ukuran brpa gram dgan piston mio OS;100..??
    n peer ganda d ksih brpa rmp,,?
    trus noken as-nya d bwat ukuran brpa mm??
    n rmah roller prlu d gnti apa tdk,,??

  5. mas, minta pencerahan dong…
    kalo untuk vario menggunakan DRpulley itu bagus untuk atas dan bawahnya gimana yaa?

  6. dimana saya bisa membeli Roller Dr Pulley, berapa harganya untuk eceran dan harga partai , tolong konfirmasikan secepatnya via email ku ,
    no telp 085238089879

  7. assalamualaikum..
    kang,aku punya mio soul,,aku mau bore up yg dibawah 200cc…
    kira2 abis dana brapa?

    tolong kasih tau komponen apa aja yang mesti aku beli kalau mau bore up yg dibawah 200cc.
    nich numb aku 02185484404
    thanks

  8. halo boss… saya punya motor free mx… kira2 buat motor saya roller dr pulley ukuran brapa ya..sedangkan saya mau di akselerasi… terima kasih..di tunggu jawabannya…

  9. Bang, sy pengguna Spin 125, bore Up 200cc pake piston voring Honda Tiger 2000,
    tuk lbih akselerasi lagi bgusx make roller brapa gram y Bang ???????????????
    Salam Anak BUGIS WAJO

  10. Kang pupung mau nanya saya pnya beat standar truz pengen akselerasi + top spead.a naik pake roller campuran berapa ea n app lg yng hruz d ganti biar tambah ngacir tapi mesin standar
    Makasih
    Klo sempet sms ea k 083821560266

  11. brow q mau tanya,,,qw punya motor beat,rencananya,,roller mau q gnti yg 10 gram.kira2 top speed bisa nambah g?,trus cocok gak,dibuat perjalanan jauh,(touring )bls,dinmr q aj brow (087755897355 ).terima kasih,q tunggu jawabanya secepatx

  12. om kalau mau bikin kencang motor tapi standar apa nya di ganti sama alat racing roller berapa gram ,per CVT brpa rpm
    awalan pertengahan sma atas.y
    makasih atas informasiny

  13. mau tanya ni….saya pake mio tahun 2009…
    mesin mmotor saya standaran….tp motor saya tarikanya gak ada….apalagi kalow ketemu sama tanjakan….
    nah yg saya mau tanya….supaya motor saya di tanjakan bagus….pake rolles ukuran brapa aja bos…..
    maksih …di tunggu jawabanya..

  14. mas bro ane mo tnya di daerah tangerang ada yg jual roller dr.pulley ga? Trus roller yg cocok buat mio bore up 200cc brapa gram?

  15. broo.. mau nanya cara memilih roller dengan kecepatan awal dan akhir..?? trus ad tips gak broo untuk bore up 150 cc. klu bro punya pulsa, sms aku yah dsni 085396770444

  16. Klu mio Soul yg standar Cocoknya Pke Roller brpa spya Larinya Cepat? Klau ROller 7g di Kombinasikan sm 9g, Bisa Nggk?? Balas ;)

  17. Mas pupunk saya punya motor vario CW saya pengen buat ajol2an . Pke roller yg brp mas . ?
    Terima kasihh nihh nomer saya
    083899061131 pliss minta bantuan nya

  18. kang kan motor saya udah di bor’up 150 cc , terus kata temen2 saya , saya di suruhnya pake roller nya 3 biji aja .
    emang ngaruh kang ?

  19. kang pupung aq mau tanya,honda beat ku kl gas angkatan kok grendet yack? ktnya rollernya yang bermasalah pdhl km msh 9000..apa iya?seandainya gk cepet2 di servis [ganti] ngaruh gak di mesin..Mohon pencerahannya terimakasih byk sblmnya..

  20. Kang minta tolong kasih tau saya dong saya masih ragu pngen pake roller yg brp gram dan CVT brp RPM..
    Tapi saya buat ajol2an jha..
    Pliss kasih tau

  21. Kang, nich ayas punya spin cdi ayas pasoki brt dualband, per cvt pake 1000rpm, per ganda 1500 rpm.. Utk roller pake yg berapa gram.. Kang? Biar ok.. Nich ayas udh pake roller 12grm.. Masih ada suara ngorok nya,, klo top speed udah 115km/jam.

  22. Mau nambah tarikan ganti penbelt’a pke buatan bando yg terbuat dr part F1 ,
    Trus kampas ganda di bikin pantekan agar makin tinggi spya kerja’a lebih bagus trus klop sm mangkokan’a ,,
    Loler bysa aja 12-13 ,,
    Awal’a enak ujung’a lebih joss

  23. mas pupung,gue pnya mio 2010 mau pakai roller 8grm,klu CVT cocokny brp yah RPMnya?? please dbls. 081996748984

  24. boss… aq punya suzi nex per cvt aq ganti 1.500 Rpm,, rollernya enaknya kasi berapa gram ?..boss,, pemakaian luar kota pengennya sih tarikan bawah ok,, atas juga ok..

  25. boss mau tanya gw pya motor mio thn 2011 .
    gw pke 58 nan harian , roller gw pke 9-10 . per spity gw pke standard gw kurang tarikan yg puas saat pertama ..
    gw mao tips darii loe – loe pada dong yg cocok untuk 58 nan harian biar lebih joss .
    contac person :089622593898

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>