Tips Mudik (Perjalanan Jauh) dengan Motor Matic Bag. 1

Mudik paling irit dan asik memang menggunakan sepeda motor, tapi kalau mudik pakai motor Matic ? kenapa tidak!?. Anggapan masyarakat awam, motor matic kurang cocok untuk dipakai jarak jauh, alias hanya untuk didalam kota saja. Ah siapa bilang ?!…

Saya sendiri, lebih sering menggunakan motor matic untuk mengunjungi daerah-daerah yang masih sejuk, terlebih dataran tinggi dan pegunungan. Demikian pula dengan acara mudik, tiap bulan saya melakukan perjalakan lebih kurang 150 Kilometer untuk menemui orang tua saya, lebih hemat dan cepat. Menempuh 150 Kilometer memerlukan waktu 2,5 jam dan bensin sekitar 2-3 liter.

Hobi atau kesukaan memang sulit dimengerti, ada mobil kok lebih milih motor? begitu kata kebanyakan orang.

Bila mudik kali ini Anda telah memutuskan untuk menggunakan motor matic, ada baiknya Anda mengecek ulang keadaan motor matic Anda. Tentunya bila terjadi kendala diperjalanan, motor matic ini relatif masih sulit ditemukan bengkelnya kecuali di bengkel resmi.

Bila Anda belum berpengalaman saya sarankan untuk membawanya ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan, berikut adalah checklist yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda.

CVT
CVT adalah bagian yang paling penting mendapat perhatian, Cek Drive Belt apakah masih bagus atau tidak, kalau sudah mulai retak-retak, sebaiknya diganti, rata-rata belt akan mengalami keretakan pada 15000-20000 kilo, tergantung pemakaian. Kemudian cek Roller, bila telah aus atau tidak bulat lagi, sebaiknya diganti. Kopling dan pegas kopling, cek apakah bantalan kampas masih tebal atau tidak, kalau sudah menipis sebaiknya diganti, kampas yang tipis dapat menyebabkan slip, akibatnya CVT akan lebih panas, dan tenaga akan berkurang terlebih bila melalui tanjakan.

Rem
Rem depan dan belakang harus dalam keadaan prima, jangan sekali-kali nekat berkendara dengan kondisi rem blong atau kurang baik, karena sangat-sangat berbahaya. Mesin matic memiliki engine break yang sangat kecil, jadi peranan rem (Depan dan belakang) sangat vital.

Saringan Udara dan Karburator
Bersihkan saringan udara, untuk karburator, cukup disemprot menggunakan Carburator Cleaner.

Klep
Atur ulang kerenggangan klep mengacu pada manual masing-masing motor matic. Jangan terlalu renggang dan jangan terlalu rapat.

Oli
Bila oli telah mendekati waktu penggantian, sebaiknya ganti segera oli. Pergunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi.

Pelumasan
Lumai bagian-bagian yang memerlukan pelumasan seperti pangkal tuas rem, standard, footstep, dll. Pergunakan pelumasan yang mengandung silicon (WD 40, AP 75) agar mudah dibersihkan.

Aksesoris
Jangan anggap enteng aksesoris keselamatan seperti Spion, Lampu Instrumen (lampu besar, sein, rem) harus berfungsi dengan baik.

Keselamatan adalah yang utama, hormati sesama pengguna jalan, selamat mudik :) Bag. 2: Perilaku di Jalan Raya

18 comments

  1. Iman says:

    pung, artikel tip bagian ke-2-nya kapan mau dipublikasi? :-D

    btw, aku sekeluarga mau ngucapin selamat menjalankan ibadah shaum ramadhan ya? mohon maaf bila selama ini ada kata-kata (baik yang terbaca maupun tak terdengar), perbuatan, dll yang nggak berkenan.

    semoga ibadah ramadhan tahun ini menjadi lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. amiin.

  2. faizal kamal says:

    Wow . . Sir pupung,
    Nih artikel baru bagian 1 aja dah lengkap n bisa dijadiin artikel baku untuk para biker yang hendak menjalani perjalanan jauh.

    Serasa ngobrol ma mekanik beneran . .

    terimaksih Infonya . . berguna BGT.

    Salam Kenal,Sir .

    mohon maaf (walopun baru kenalan) menjelang detik-detik menuju ramadhan.
    terimakasih di izinkan mampir

  3. Dwi Utomo says:

    Tiap taon aku jg mudik pake matic. Dari Gresik ke Gunungkidu, Jogja. Emang asik. Dan motor matic adalah impianku sejak dulu.

  4. Nabilla eda y says:

    baik matic,bebek,trail,dll.kalau sudah dicek yah..kemungkinan besar tak akan ada kendala.semua spd.motor iku podo wae

  5. → Pingback: TIPS Mudik Dengan matic… « Denny333’s Weblog

  6. → Pingback: »»»» Tips Mudik (Perjalanan Jauh) dengan Motor Matic Bag. 2 | Pupung Budi Purnama ««««

  7. machfudi says:

    ass.wr.wb lo kok ada lagi kalian jangan bergurau yang di omongkan kalian saja saya mendengarkan ya bro memang bro matic juga bebas kaki beroperasi hanya tangan dan mata dan telinga saja yang beroperasi matic juga kalau sudah berjalan memang di pacu tambah cepat dan kata-kata orang-orang boros gak bro mudah-mudahan tidak dan memang buat luar kota juga oke teman saya sudah membuktikannya dari gresik ke tulungagung yang gak kuat siapa yang joky bro soalnya yang joky perempuan saya hanya berpesan apabila kalian mau mudik rumah jangan di tinggalkan begitu saja kalau bisa bayar seseorang untuk menjaganya itu lebih baik hati tidak was-was tentunya kebahagiaan saja adanya dan juga sebelum pergi terutama periksa ban dan kalau bisa olie di ganti tambah bagus kalau bisa kalian servicekan tambah oke dan juga di begasi sekiranya mobil jangan lupa ban serep beserta perlengkapan periksa kondisi ban serep dan juga kotak p3k sangat penting menjaga hal yang tak di inginkan dan patuhi lalulintas yang ada dan demikian sepeda motor jangan lupa juga bawah sekiranya balsam gosok atau minyak kayu putih lebih bagus dan juga kalian bawah jaket sekiranya tudak tembus angin dan santun di jalan juga demi keselamatan kalian dan sekiranya kalian membawah anak jangan kalian taruh di muka sebaiknya di tengah dan apabila dalam perjalanan sekiranya lelah jangan di paksakan berhenti sejenak untuk menjaga bila terjadi apa-apa sekiranya kalian membawah perbekalan dari rumah bisa untuk di makan bersama untuk menghilangkan kejenuhan di jalan sudah sekian saja terima kasih sampai jumpa dilain kesempatan ceriooo. wassallam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>