Tips Membersihkan Kaca Kendaraan Dari Bercak Air Hujan (penyebab berjamur)

Mengesalkan bila bercak bercak air hujan membandel menempel di kaca mobil kita sisa hujan semalam. Dan sulit sekali dibersihkan. Dan tentu saja, bila dibiarkan terlalu lama bisa merusak kaca mobil (berjamur dan seperti berkarat) dan mengganggu pemandangan.

Cara membersihkannya sebetulnya cukup mudah hanya diperlukan sedikit usaha :D. Berdasarkan info dan pengalaman yang saya peroleh membersihkan bercak bekas kaca ini tidak terlalu sulit, tapi tidak juga mudah.

Pasta Gigi

Yang paling mudah adalah dengan menggunakan pasta gigi, Pasta gigi yang saya pergunakan biasanya adalah pasta gigi berwarna putih dan Lap dari kain katun (bukan lap microfiber) bisa dari baju bekas, alasannya karena kain katun memiliki tekstur agak keras untuk mengangkat bercak-bercak di kaca. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Basahi permukaan kaca dengan Air dan bersihkan. Jangan sampai ada debu / kotoran di permukaan yang akan dibersihkan.
2. Basahi Lap, tapi jangan terlalu basah.
3. Keluarkan pasta gigi ke lap.
4. Gosok secara memutar dengan sedikit di tekan berulang-ulang.
5. Bersihkan dengan air.
6. Keringkan area yang di cuci dengan lap kering.

Ulangi langkah diatas untuk mendapatkan hasil maksimal. Anda pun akan melihat permukaan kaca menjadi jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Air Soda

Ternyata Air soda yang sering kita minum dicampur susu kental manis pun dapat dipergunakan untuk membersihkan bercak pada kaca mobil. Caranya pun mudah, dapat menggunakan kain lap.

1. Lap yang akan dipergunakan harus kering.
2. Basahi dengan air soda.
3. Lap pada bagian yang ingin dibersihkan.

Namun penggunaan Air Soda ini harus lebih hati-hati karena kandungan soda bisa merusak cat mobil, segera bersihkan bila air soda mengenai cat mobil.

Zat Kimia

Zat kimia untuk melenyapkan bercak di mobil banyak sekali varian nya, bila Anda mengunjungi Ace Hardware, anda akan bingung memilihnya :D. Namun, sebelum Anda mencobanya pada area yang besar, coba dulu pada sebagian kecil dan lihat hasilnya. Jangan sampai kaca mobil Anda rusak karena salah penggunaan atau ketidakcocokan.

Bagaimana dengan Anda? Punya ide atau pengalaman dengan membersihkan kaca mobil?

3 comments

  1. Rudi says:

    Maaf Bro sebelumnya, berdasarkan pengalaman juga, kalau kita bersihkan kaca mobil dengan Pasta gigi betul bersih tapi msetelah itu mobil dipakai malam hari akan silau alias sorot lampu mobil lain akan langsung pecah dan mengurangi pandangan kita ke depan

    1. PupungBP says:

      @Rudi: Halo mas, terima kasih sharingnya… wah saya gak ngerasa jadi berpendar kl malam, biasa-biasa aja, karena belum sering juga sih pake pasta gigi, mas Rudi biasanya bersihin bercak air pakai apa?

  2. andika says:

    bersihkan aja pakek alkohol 65%, klo pengen cepet bisa pkek alkohol 95%. bersihkan pkek kain yang lembut atau dengan tisu. dijamin bersih, malampun tdk silau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>